Nelayan mulai ketakutan untuk mencari ikan karena ada Kapal china di laut Natuna

  • Bagikan
Natuna

Uchitelu – Hendri, Pimpinan Aliansi Nelayan Natuna, menampilkan beberapa video yang diambil oleh nelayan pada koordinat 6. 17237 Lintang Utara serta 109. 01578 Bujur Timur.

Dalam video yang diperlihatkannya itu, nampak terdapat 6 kapal perang asal Cina yang terletak di perairan zona ekonomi eksklusif( ZEE) Indonesia.

Sebab keberadaan kapal perang negeri asing yang tengah mondar- mandir itu, beberapa nelayan di Kepulauan Riau merasa ketakutan.

Di kutip Uchitelu dari laman resmi kompas tv

Kejadian itu diketahui berlangsung di Laut Natuna Utara pada Senin, 13 September 2021. Ada pula kapal yang nampak sangat jelas merupakan destroyer Kunming- 172.

” Nelayan merasa khawatir gara- gara terdapat mereka di situ, terlebih itu kapal perang,” kata Hendri dikala dihubungi, Rabu( 15/ 9/ 2021),

” Kami mau pemerintah terdapat atensi soal ini biar nelayan merasa nyaman dikala mencari ikan.”

Baca juga : Berikut ini kumpulan dark jokes atau candaan dari coki yang mengandung penistaan agama

Sedangkan itu, Kepala Dinas Penerangan. Komando Armada I Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan Laut Letnan Kolonel Laode Muhammad berkata grupnya belum menemukan laporan menimpa kedatangan 6 kapal Cina yang dilihat nelayan di Laut Natuna Utara itu.

Tetapi, apabila terdapat kapal Cina yang mondar- mandir di ZEE Indonesia, umumnya kapal Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan laut(AL) hendak membayanginya sambil melaksanakan komunikasi dengan mereka.

Laode berkata, terdapat 4 kapal Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan laut(AL) yang bersiaga di Natuna. Itu antara lain KRI Diponegoro- 365, KRI Silas Papare- 386, KRI Teuku Umar- 385, serta KRI Bontang- 907.

” Yang jelas, kapal kami senantiasa terdapat di situ sehingga jika terdapat kapal Cina yang masuk( teritorial RI), kami tentu membayangi,” ucap Laode.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *