cara kerja router wifi, pengertian, dan jenis-jenisnya

  • Bagikan

 cara kerja router wifi, pengertian, dan jenis-jenisnya



Mungkin kamu sudah sering mendengar rauter. router merupakan sebuah alat yang paling banyak digunakan.namun,apasih itu router?

Router adalah sebuah perangkat  yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan dan perangkat dirumah.

Nah untuk menghubungkan ke jaringan router ini harus melalui proses-proses tertentu yang disebut dengan Routing. apa tiu Routing? Routing adalah suatu proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Nah, Router tersebut juga memiliki 2 fasilitas apa saja :

1. DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol)

2. NAT (Network Address Translator).

DHCP merupakan sebuah fasilitas yang berfungsi menyebarkan alamat IP Address (internet protocol) keperangkat lain-nya secara otomatis.

Sedangkan NAT merupakan fasilitas yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainya dalam sebuah jaringan dengan alamat ip.

Agar lebih jelasnya, berikut saya rangkumkan beberapa hal mengenai fungsi router, jenis router, dan cara kerja router.

Fungsi Router

Selain dapat menghubungkan 2 jaringan atau lebih, fungsi router juga berguna sebagai berikut:

Mentransmisikan Informasi

Fungsi router yang pertama adalah untuk mentransmisikan informasi  atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain yang dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan atau Bridge.

Menghubungkan Jaringan

Fungsi router yang dua adalah sebagai penghubung suatu jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa router memiliki fungsi sebagai penghubungkan beberapa jaringan sehingga user dapat mengirimkan atau mentransfer paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.

Proses koneksi bekerja dengan cara mendistribusikan IP address kepada setiap komputer dalam jaringan, baik secara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).

Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router yang ketiga adalah untuk menghubungkan sebuah jaringan lokal ke koneksi DSL router (Digital subscriber line) . Teknologi router saat ini sudah lebih canggih di bandingkan dengan yang dulu, yang di mana penggunaannya bukan hanya menggunakan sambungan kabel LAN saja, tapi juga dapat menggunakan teknologi wireless.

  jenis router : 

Router kabel

Router kabel ini  dapat terhubung langsung ke modem atau  WAN (Wide Area Network) melalui kabel jaringan. Router ini  terpasang dengan port yang terhubung ke modem agar dapat terhubung langsung dengan internet.

Router nirkabel

Router juga dapat terhubung secara nirkabel ke perangkat yang sudah mendukung standar nirkabel yang sama. Router nirkabel ini  dapat mengirim informasi dan juga menerima informasi ke internet.

Karena modem modern sering dilengkapi dengan router bawaan. sehingga, perbedaan antara modem dan router terkadang tidak jelas. tetapi, mereka yang paham dengan internet akan  tahu bahwa keduanya alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Ketika kamu ingin menghubungkan  modem agar dapat terhubung ke internet melalui ISP ,kemudian ingin menghubungkan banyak perangkat maka kamu perlu menggunakan router. 

Kenapa?, karena  router sangat memungkinkan modem kamu dan perangkat lain-nya untuk mentransfer atau mengirim data dari satu lokasi ke lokasi lain. Modem adalah sebuah alat yang digunakan untuk  mengirim data ke internet dan menerima data dari internet.

Nah,fungsi modem sendiri mengubah sinyal-sinyal ke format yang benar atau konversi sinyal Sedangkan fungsi router bekerja untuk mengkoordinasikan sinyal-sinyal tersebut.

cara kerja router

Penjelasan sederhananya, cara kerja router merupakan suatu alat yang menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data.

Nah, data tersebut dapat dikirim dari perangkatcsatu ke perangkat yang lainya, atau dari sebuah perangkat ke internet.

Baca Juga : Cara aktivasi microsoft office.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan.

 Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan.

di analogikan sebagai kurir yang mengantar paket. ketika kurir tersebut akan mengirimkan sebuah paket maka kurir tersebut membutuhkan yang namanya sebuah alamat  yang benar sehingga paket dapat terkirim dengan cepat 

Nah sedangkan jaringan komputer lokal dapat kamu analogikan sebagai rumah kamu di perkotaan. yang dimana kurir tersebut  membutuhkan lokasi rumah kamu yang jelas dan tepat, di daerah perkotaan yang sangat luas.

Jika alamat lokasi rumah kamu tidak tepat dan tidak jelas, maka yang akan terjadi  paket yang dikirim kurir tersebut tidak akan sampai ke rumah kamu melainkan berakhir di rumah orang lain  karena informasi alamat yang tidak jelas.

Dari gambaran tersebut, menjelaskan bahwa router berguna untuk memastikan bahwa setiap perangkat memiliki sebuah nomor unik sehingga paket tersebut dapat terkirm ke alamat yang benar.

Sumber artikel : www.teknologiku22.my.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *